Bayar Pajak Kendaraan Cukup 20 Menit

samsat
Sebagai warga negara yang sangat baik dan layak dapat penghargaan,  beberapa pekan lalu  saya menunaikan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor. Karena saya tinggal di Depok, membayarnya pun harus di Depok. Kalau saya tinggal di Bekasi tentu membayarnya juga di Bekasi (gak penting dibahas). Lama tak membayar sendiri pajak kendaraan, kali ini saya memutuskan untuk membayarnya sendiri.

Dulu, saya ingat, membayar PKB hanya bisa dilakukan di kantor Samsat Depok di Depok II. Butuh waktu kira-kira  2-2,5 jam ketika itu untuk membayar pajak–terhitung dari  memfoto kopi berkas, menyerahkan berkas, menunggu, dan menyetorkan uang. Cukup lama. Itu lima tahun lalu. Karena setelah itu saya menumpuk pembayaran pajak selama empat tahun dan baru dibayarkan setelah kendaraan balik nama🙂

Tahun ini, saya membayar pajak di kantor Samsat ITC Depok. Gak perlu jauh-jauh dan tempat parkir dijamin ada. Lokasi Samsatnya ada di lower ground (sudah lower, ground lagi), dekat tempat permainan anak-anak. Tiba di TKP pukul 11.30, langsung saja salin sinar berkas (pertama kali tahu istilah ini di koperasi FKUI dulu banget) –KTP dan STNK, sekaligus beli map di tukang salin sinarnya. Seingat saya ongkos salin sinar dan mapnya Rp 5 ribu. Setelah itu, daftarkan berkas ke loket pendaftaran.

Sekitar jam 11.45 nama saya pun dipanggil (bukan oleh Yang Maha Kuasa), oleh petugasnya. Diminta bersiap-siap untuk membayar dan diumumkan nilai pajaknya. Tak lama kemudian kita dipanggil ke loket pendaftaran, lalu bayar, dan duduk lagi untuk menunggu  penyerahan bukti setor pajak. Tepat jam 11.52—waktunya saya hitung betul karena memang disiapkan untuk blog ini, bukti setor pajak sudah diserahkan. Jadi, total, waktu yang diperlukan untuk bayar pajak cuma 22 menit. Cepat sekali prosesnya, bukan? Secepat duit kita berpindah dari dompet ke dompet negara :)) Nah, tunggu apa lagi. Segera bayar pajak, ketimbang didenda.

Leave a Reply

