Jokowi, Redup di Tahun Pertama

Tidak sulit untuk memberi ponten terhadap rapor Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di tahun pertamanya memimpin. Melambatnya pertumbuhan ekonomi, gejolak nilai tukar rupiah, dan kenaikan harga kebutuhan pokok sudah menjelaskan belum optimalnya kinerja ekonomi Presiden.

Di bidang penegakan hukum, kriminalisasi terhadap pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi dan terus berlanjutnya upaya menggergaji kewenangan lembaga itu melalui revisi UU KPK membuat Jokowi tampak tidak bersahabat bagi upaya pemberantasan korupsi.

Niat baik Jokowi meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui subsidi kesehatan dan pendidikan tertutupi oleh kegagalannya mencegah kebakaran hutan dan lahan. Intoleransi juga terus terjadi dengan maraknya penyerangan terhadap kelompok masyarakat yang tidak sealiran dan perusakan rumah ibadah.

Di bidang politik, Jokowi dipandang tidak mampu memimpin Kabinet Kerja yang terlihat dari seringnya para menteri bersilang pendapat. Jokowi membantah kabinetnya tidak akur. Ia mengatakan perbedaan di antara para menterinya semata-mata soal karakter.

Presiden tentu saja bukan tanpa prestasi. Kebijakannya mengalihkan subsidi bahan bakar minyak untuk membangun ratusan proyek infrastruktur adalah keputusan yang sangat strategis. Beberapa proyek besar pun telah memasuki lelang tahun ini.

Faktor ‘kesialan’ juga tidak boleh dilupakan. Begitu Jokowi memimpin, ekonomi dunia mulai lunglai yang berimbas ke dalam negeri. Tapi, kualitas seorang pemimpin diuji dalam kesulitan, bukan kelapangan. “Kami sedang membangun pondasi, sudah ditanya genteng,” Jokowi memberi jawaban atas kritik.

Jokowi memang sudah bekerja keras. Tapi, sayang, hasilnya belum terlihat. Tahun pertama yang redup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s