Syarat dan Ketentuan yang Melecehkan Konsumen

Coba perhatikan bahwa seluruh klausul dalam syarat, ketentuan, dan perjanjian antara penyedia jasa atau produsen  dengan konsumen  selalu berat sebelah. Ketentuan-ketentuan yang dibuat pasti isinya melindungi kepentingan  penyedia jasa sekaligus membentengi diri mereka dari segala tuntutan hukuman, membeberkan hak serta wewenang penyedia jasa, plus klausul yang menimpakan semua risiko kepada konsumen.

Sebaliknya untuk konsumen, selalu dibuatkan ketentuan yang berisikan kewajiban, tanggung jawab, larangan, dan hal-hal lain yang tidak dapat dilakukan oleh konsumen.   Kenapa tidak dicantumkan ketentuan yang mengatur hak-hak konsumen seperti soal ganti-rugi, perlindungan yang diperoleh atas kerugian, tanggung jawab penyedia jasa,  dan informasi tempat pengaduan konsumen?

Penyedia jasa mestinya sadar, mereka  cari makan dari uang konsumen.  Jangan memperlakukan konsumen seenak perutnya. Tampilkanlah citra yang bersahabat dan perilaku mau bertanggung jawab.  Saya sendiri sebisanya memilih membatalkan berhubungan dengan penyedia jasa yang ketentuannya tidak berperasaan seperti itu.

Kemarin saya menemukan ‘naskah’ panjang berisikan syarat dan ketentuan bagi calon peserta sebuah ajang lomba lari di luar Jakarta. Kalau syarat dan ketentuan yang dibuat penyedia jasa yang lain sudah menyebalkan, yang ini  masuk kategori memuakkan bahkan terkesan melecehkan konsumen. Kesannya konsumen itu musuh  yang harus diwaspadai karena sewaktu-waktu bisa merugikan panitia. Aneh, kan…sudah bayar kok malah dicurigai.

Dari 29 ketentuan, hampir semuanya memuat kewajiban bagi peserta acara, hak panitia, dan kalimat bahwa “panitia tidak bertanggung jawab atas…” . Waduh, apa gunanya ada panitia penyelenggara kalau semua tanggung jawab dilemparkan ke peserta? Inilah ketentuan yang dibuat panitia lomba yang membuat saya membatalkan niat berpartisipasi:

1.Setiap peserta diminta memberikan segala informasi yang terbukti kebenaran dan tidak palsu. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang memberikan keterangan atau identitas palsu atau mengatasnamakan pihak lain.

2.Bila terjadi kecelakaan atau kejadian yang tidak diharapkan seperti kehilangan/kerusakan barang, cidera badan, cacat, kematian dan sebagainya saat sebelum, saat atau setelah acara berlangsung adalah di luar tanggung jawab kami selaku panitia acara.

3.Diharapkan semua peserta bertanggung jawab dan menanggung segala resiko atas kepemilikan barang dan keselamatan diri sendri. Peserta harus memahami setiap bahaya yang berkaitan dengan keikutsertaannya dalam acara ini yang mungkin disebabkan kelalaiannya mengabaikan peraturan-peraturan lain yang sudah diberikan oleh panitia.

4.Apabila kejadian-kejadian yang telah disebutkan di atas telah terjadi, para peserta setuju untuk tidak menuntut dan meminta pertanggungjawaban dari para penyelenggara, panitia, peserta, sponsor dan setiap detil agen, organisasi, rekanan yang berkaitan dengan acara ini. Sama halnya dengan setiap detil agen, rekanan, organisasi atau penyelenggara lokasi tidak berhak menuntut para penyelenggara, panitia dan sponsor. Diharapkan semua pihak bertanggungjawab atas pribadi dan kepemilikannya serta tidak mengganggu kepentingan, keselamatan dan kepemilikan orang lain.

5.Penyelenggara dan panitia tidak bertanggungjawab apabila terjadi kejadian yang tidak diharapkan bila ada peserta yang memiliki disabilitas atau ketidakmampuan fisik atau stamina yang mengikuti acara ini.

6.Peserta setuju bahwa uang yang sudah dibayar untuk pendaftaran tidak bisa dikembalikan bila terjadi sesuatu hal yang tidak diharapkan atau di luar tanggung jawab para penyelenggara/panitia. Panitia juga tidak bertanggungjawab apabila terjadi kesalahan transfer atau pengiriman uang pendaftaran.

7.Peserta memahami peraturan bahwa tidak ada pengembalian uang pendaftaran bila peserta berhalangan hadir. Tiket pun tidak bisa dipindahtangankan ke pihak lain yang berbeda identitas awal yang didaftarkan. Kategori pun tidak bisa diubah dari awal kategori yang sudah dipilih saat pendaftaran

8.Bila ada pelanggaran dari ketentuan berlaku yang sudah diberikan, kami selaku penyelenggara/panitia tidak bertanggungjawab seperti halnya pelanggaran jenis kelamin ataupun batasan umur yang sudah diberikan.  Tidak ada batas maksimal umur namun para peserta harus memahami resiko dan bahaya yang mungkin terjadi serta bertanggungjawab dan menerima resikonya masing-masing.

9.Setiap paket lomba seperti kaos seragam, nomor dada, nomor doorprize, tiket atau barang lain yang sudah diberikan bila telah hilang, tidak bisa digantikan atau diberikan yang baru.  Namun apabila kejadian- kejadian tersebut terjadi, pihak panitia/penyelenggara berhak mendiskualifikasi para peserta yang tidak membawa salah satu kelengkapan tersebut.

10.Peserta lomba diwajibkan membawa perlengkapan Jas Hujan/ jaket hoody untuk menjaga iklim / cuaca hujan karena pihak panitia tidak menyediakan kelengkapan tersebut dan diwajibkan untuk memakai sepatu olah raga.

11.Para peserta harap membawa bukti transfer dan identitas asli (KTP/SIM/Paspor)saat penukaran race pack atau kelengkapan untuk acara. Untuk yang menukarkan race pack atas nama orang lain diperbolehkan asalkan membawa bukti transfer dan identitas asli (KTP/SIM/Paspor) orang berkaitan. Penyelenggara/panitia tidak bertanggung jawab bila terjadi penyalahgunaan identitas orang lain saat penukaran tersebut.

12.Saat acara  berlangsung harap membawa semua kelengkapan yang telah diberikan saat penukaran bukti transfer dan identitas asli (KTP/SIM/paspor). Panitia/penyelenggara memiliki hak untuk meminta peserta menunjukkan identitas asli mereka.

13.Para peserta diharapkan hadir setengah jam sebelum acara dimulai. Peserta yang terlambat atau memulai lomba   akan didiskualifikasi. Namun, peserta tidak berhak menuntut atas keterlambatan acara  karena para peserta harus menyadari banyak elemen yang berkaitan atas jalannya acara dan diharapkan para peserta kooperatif atas berlangsungnya acara.

14.Para peserta diharuskan sudah berada di start line sesuai waktu yang telah ditentukan. Selama acara lomba lari diharuskan semua peserta memenuhi ketentuan yang berlaku dan tidak menganggu kepentingan orang lain di luar acara.

15.Para peserta diwajibkan memakai nomor peserta sesuai dengan nomor yang sesuai dengan yang diterima pada saat start – finish , apabila peserta tidak memakai nomor lomba dianggap tidak syah untuk mengikuti acara lomba.

16.Rute lomba dapat diubah sewaktu-waktu untuk alasan keamanan dan pertimbangan lalu lintas.

17.Peserta diharuskan tetap di jalur lomba apabila melanggar peraturan ini, panitia tidak bertanggungjawab atas risiko yang terjadi.

18.Para panitia dan penyelenggara berhak memberhentikan peserta yang memiliki ketidakmampuan stamina maupun fisik selama acara berlangsung.

19.Para peserta diharuskan memakai keperluan yang sesuai dengan jalannya lomba dan jalan sehat sehingga menghindari cidera dan kejadian yang tidak diharapkan.

20.Semua pemenang wajib hadir pada saat Upacara Penyerahan Hadiah untuk menerima penghargaan dan hadiah. Penyelenggara memiliki hak untuk tidak memberikan hadiah (baik dalam bentuk uang tunai maupun bentuk lain) untuk pemenang-pemenang yang tidak hadir pada saat upacara penyerahan hadiah sehingga diharapkan para peserta tetap hadir hingga akhir acara.

21.Keputusan Penyelenggara bersifat final. Korespondensi atau perselisihan lebih lanjut tidak akan dilayani, Para pemenang podium diminta untuk menunjukkan tanda pengenal yang sah dan diakui

22.Segala hadiah diberikan berdasarkan persediaan dimana pihak penyelenggara  memiliki hak untuk membatalkan, mengubah, mengganti atau membatalkan segala hadiah sewaktu-waktu dengan atau tanpa melakukan pemberitahuan kepada Peserta.

23.Segala hadiah dan premium tidak dapat dipertukarkan dan tidak dapat diuangkan atas segala kondisi apapun.

24.Diharpkan semua peserta menghormati kepentigan orang lain di luar acara. Penyelenggara dan panitia tidak bertanggung jawab apabila ada hal di luar kuasa kami.

25.Setiap peserta harus setuju tanpa syarat dan komisi apabila video, foto, nama, suara, opini dan berbagai keterangan yang berkaitan akan dipublikasikan di media-media yang berkaitan dengan acara. Peserta harus menyadari kebebasan dalam hal ini untuk tidak meminta royalty atau copy rekaman atau dokumentasi tersebut.

26.Penyelenggara dan panitia memiliki hak untuk membatasi dan/atau menolak pendaftaran peserta untuk mengikuti event tanpa perlu memberitahukan alasan apa pun. ***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s