Cashless Society? Masih Jauh…

Katanya BI sedang giat-giatnya mengkampanyekan transaksi nontunai (cashless society). Tapi, kenapa merchant-merchat terasa kurang mendukung? Pekan lalu, saya pergi ke Platinum Screen  di Margo City. Saya pikir setelah beberapa tahun, bioskop ini ada kemajuan dalam kemudahan bertransaksi. Ternyata belum,  tuh. Masih sama seperti tahun lalu, Platinum Screen hanya menerima pembayaran tunai. No debit, no kartu kredit. Lho? Bioskop sebesar ini masih kuno sekali transaksinya.

Sehabis nonton, saya pergi ke Lotteria, dan ternyata sama saja. Restoran ini hanya menerima pembayaran dengan uang tunai. Pergi ke Mujigae, begitu juga. Meski menerima pembayaran dengan kartu debit/kredit, restoran ini membatasi transaksi minimal Rp 50 ribu. Sementara belanjaan saya cuma di bawah Rp 40 ribu.  Akhirnya, lagi-lagi harus keluar uang tunai.

Besoknya, saya pergi makan ke AW. Peruntungan saya belum belum berubah. Mesin EDC yang mejeng di depan kasir tak satupun yang berfungsi. “Lagi rusak, Pak.  Hanya bisa uang tunai.”  Waduh, bagaimana ini, tidak sejalan dong dengan program BI.   Belum lagi kalau beli bensin di SPBU.  Bisa bayar pakai kartu debit, tapi minimal transaksi Rp 100 ribu. Lah, gue belinya paling mentok Rp 80 ribu.

Paling hebat itu memang di Indomaret/Alfamaret. Kedua minimarket itu menerima transaksi nontunai dalam nominal berapa saja. Harusnya semua merchant bisa menerapkan kebijakan yang sama. Lagi pula, apa bedanya transaksi Rp 10 ribu dengan Rp 10 juta? Kenapa harus ada pembatasan nilai transaksi? BI-nya juga mesti rajin blusukan tuh, ke bank dan merchant, supaya program cashless society-nya bisa jalan.  ***
 

Leave a Reply

