Berapa Umur Pakai Aki Mobil?

Indikator pada aki hanya menunjukkan kondisi keasaman pada satu sel. Karena itu, katanya,  tidak akurat untuk menentukan kemampuan aki.

Indikator pada aki hanya menunjukkan kondisi keasaman pada satu sel. Karena itu, katanya, tidak akurat untuk menentukan kemampuan aki.

Kalau pertanyaan ini ditanyakan ke saya, berapa umur pakai aki mobil? Jawabnya: 2 tahun 2 minggu. Ada yang bilang rata-rata umur aki 1-2 tahun. Yang lain bilang 2-3 tahun. Ada yang bilang pula–tapi ini minoritas–umurnya bisa sampai 5 tahun  (mungkin iya kalau gak dipake). Saya cukup 2 tahun lebih sedikit. Sebenarnya 2 tahun malah. Sepekan sebelum tewas, itu si aki sudah ada sinyal-sinyal pelemahan (kayak di saham), start mulai lambat. Tapi, namanya juga pengen ngirit, saya tahanin, siapa tahu masih bisa bernafas beberapa bulan lagi. Eh, ternyata,  gak lama kemudian dia bener-bener mati. Gak bisa start. Untungnya pas sudah sampai di rumah.

Paginya telepon Shop & Drive. Prosesnya cepat karena data-data sudah ada. Tinggal sebut pelat nomor kendaraan, 30 menit kemudian aki sudah tiba di rumah. Saya pesan aki GS Maintenance Free NS 60 S 45 ampere. Sama seperti aki yang lama. Kata teknisinya, kebiasaan menghidup-matikan mesin seperti yang selalu saya lakukan bisa memperpendek umur aki dan dinamo starter. Wah, sayang. Saya memang sering mematikan mesin di lampu merah, supaya gak menambah polusi udara, sekalian hemat BBM niatnya. Tapi, karena efeknya buruk ke aki dan dinamo, apa boleh buat, gak lagi-lagi deh.

Setelah dites tegangan yang masuk, terkonfirmasi bahwa aki yang lama memang sudah soak. Tegangannya kurang dari standar. Lalu dipasang aki baru. Dites lagi tegangannya pakai multitester. Tegangan tanpa beban yang standar dari alternator ke aki, menurut teknisinya, harus berada di kisaran 13,5 – 14,8 volt. Setelah dites aki yang baru mencatat 13,8 volt. Artinya, aki berfungsi baik dan pasokan listrik dari alternator masih bagus. Sedangkan tegangan dengan beban lampu, AC, dan radio yang standar harus berada di kisaran 13-14,8 volt. Aki baru ini tegangannya sekitar 13,5 volt. Cocok. Ah, senangnya, mobil pun bisa pulih kembali. Yang gak menyenangkan pas bayarnya. Walau katanya sudah didiskon 10% karena pakai debit BCA, tetap saja kenanya masih Rp 780 ribu-an… Alamak…ayo cari duit lebih giat lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s