Mengatasi Atap Bocor

Pengerjaan bagian atap yang kurang rapi biasanya kerap menjadi biang bocor di rumah. Persoalan ini biasanya dialami di rumah-rumah tipe low cost green house (LCGH) seperti rumah saya. Di beberapa bagian bangunan rumah saya dihiasai rembesan air saat musim hujan. Apa boleh buat, demi menjaga bangunan tetap terawat, saya kembali menghadirkan tukang untuk membenahi kebocoran.  Berkaca dari pengalaman, ada beberapa titik kebocoran di rumah yang perlu diperiksa:

Genteng pecah
Ini penyebab yang paling lazim. Kalau ada kebocoran, cobalah periksa genteng atap rumah Anda. Barangkali di daerah yang bocor ada genteng yang pecah. Genteng pecah biasanya akibat tertimpa buah-buahan, tertimpa kayu, atau terinjak. Segera ganti genteng yang pecah dengan yang baru. Selain pecah, ada juga risiko genteng retak sehingga air merembes dari dalam retakan. Cacat ini bisa ditanggulangi dengan cat pelapis waterproof, tapi sebaiknya sih, diganti dengan genteng baru.

Talang air kotor
Talang air yang kotor biasanya terjadi pada talang air yang merupakan pertemuan antara bidang miring atap. Sumber kotoran bisa berupa dedaunan atau ranting-ranting yang menumpuk di talang. Penumpukan sampah ini ini membuat aliran air tidak lancar dan melimpas ke atas plafon.

Kerpus
Kerpus adalah perpotongan antara sudut  atap yang terletak pada bagian puncak atap. Titik ini  merupakan salah satu biang bocor juga. Air merembes dari adukan semen yang tidak sempurna. Solusinya,  adukan semen bisa dilapisi lagi dengan waterproof. Cara lain, kalau tingkat kebocoran sudah sangat parah, adukan semen harus diganti dengan adukan yang lebih halus.  Solusi beriktnya adalah  menggunakan waterproof yang lebih mahal, seperti yang dijual di Ace Hardware. Cuma, harga waterproof ini lebih mahal dari waterproof  merek yang umum dipakai.

Dak beton
Dak beton juga merupakan sumber kebocoran di rumah.  Bagian ini secara berkala harus dilapis ulang dengan waterproof, karena lapisan waterproof yang seperti bahan karet itu rentan terhadap panas dan sinar ultaviolet.  Kalau cara ini tak mempan atau dianggap merepotkan, lapisi dak dengan keramik.

Pertemuan tembok dan atap
Titik ini misalnya pertemuan antara atap rumah dengan dinding rumah tetangga. Kebocoran di titik ini sering sekali terjadi lantaran sulit menyatukan antara atap dengan tembok.  Bisa dipastikan akan ada retakan yang merambat sepanjang bidang tembok. Perbaikan bisa dilakukan dengan menutup retakan dengan adukan dan acian semen. Jika cara ini gagal juga, cara pamungkas yang paling lazim adalah dengan menutup retakan dengan ‘karpet’. Biayanya murah dan proses pemasangannya sederhana. Tapi, risikonya merusak estetika rumah.

wpid-2014-08-05-13.04.52.jpg.jpeg

Karpet

wpid-2014-08-05-09.19.24.jpg.jpeg

Proses pemasangan ‘karpet’.

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s