Negara Islam yang Saya Impikan

ISIS bikin heboh! Dia mendirikan daulah di Irak dan Suriah, eh, orang Indonesia yang berbaiat. Daulah… konsep wilayah yang melintasi batas negara-bangsa. Selain utopis,  daulah ini juga ironis karena justru didirikan di atas genangan darah saudara-saudaranya yang seiman. Saya tak bisa membayangkan, masa depan daulah  yang dibangun dengan fondasi kebencian. Ngeri-ngeri sedap!

Bagi  saya,  konsep negara Islam itu sederhana. Negara Islam adalah negara yang pemimpinnya menangis jika melihat masih ada kaum dhuafa dan anak terlantar. Ia murka kepada bawahannya sambil mengutip ayat Al Quran: “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?  Maka itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.”

Negara Islam adalah negara yang pejabatnya menolak hadiah sembari menyitir hadis:  “Mengapa dia tidak duduk saja di rumah bapak atau ibunya, sehingga dia bisa melihat apakah dia akan diberikan hadiah atau tidak? Tidak seorang pun dari kamu yang mengambil sebagian dari hadiah itu, kecuali pada hari kiamat dia akan datang membawanya dengan seekor unta yang melenguh di lehernya.”

Cukuplah sebuah negara menjalankan syariat jika penduduknya memberi koruptor, meskipun itu keluarganya karena dia ingat hadis: “Sesungguhnya yang membinasakan orang-orang sebelum kamu adalah apabila bangsawan mencuri, mereka biarkan. Akan tetapi apabila seseorang yang lemah mencuri, mereka tegakkan hukum. Seandainya Fatimah binti Muhammad mencuri, aku potong tangannya.”

Negara  Islam adalah sekumpulan masyarakat yang menolak bermewah-mewahan, karena mereka ingat:  “Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur.” Walau begitu, negara Islam itu adalah negara yang rakyat menghargai perbedaan. Sebab mereka percaya, tidak ada paksaan dalam agama dan bahwa Nabi diutus sebagai rahmat bagi semesta alam. ***

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s