Umat yang Mana?

Dalam sepekan ini dua kali  saya gagal paham. Kali ini pada partai yang menyerukan supaya memilih  Prabowo dengan alasan berpihak pada kepentingan umat Islam. Sedangkan Jokowi, awas jangan dipilih, karena katanya, tidak pro-Islam. Saya bertanya-tanya dong, menurut mereka, apa sih kepentingan umat itu, dan bagaimana pemimpin yang pro-umat?

Kata saya nih, selama seorang pemimpin bekerja keras mensejahterakan rakyatnya, memberantas korupsi,  menegakkan hukum, bertindak profesional, dan berpolitik dengan santun, maka dia sesungguhnya sudah mengayomi kepentingan umat Islam di negeri ini yang jumlahnya 87,18 persen.

Sebaliknya, meski dari mulutnya bertebaran  ribuan janji manis, ayat, dan hadits, jika perilakunya tercela, memainkan politik transaksional,  mentoleransi pencurian uang negara,  menista saudaranya sesama muslim, dia sama sekali bukan pemimpin yang berpihak pada kepentingan Islam.

Atau mungkin, saya yang salah memahami, bahwa ‘kepentingan umat” yang mereka maksud adalah kepentingan untuk menempatkan tangannya di kabinet dan mengeruk keuntungan dari kekuasaan?  Kalau ternyata memang itu definisi kepentingan umat di benak mereka, berarti saya yang belum berubah, masih naif.   Ah, selamat datang pemimpin baru. ***

One thought on “Umat yang Mana?

  1. Ah, tulisan yang menarik! Kita memang perlu belajar lebih hati-hati dalam meresponi infomasi, karena kebenaran dan persepsi punya banyak wajah yang berbeda. Yang diperlukan adalah kecerdasan, bukannya netralitas ataupun kemasabodoan. Makanya saya lebih suka berbisik, daripada berteriak frontal tentang situasi yang ada, seperti saya sudah tulis dalam Bisikan Tentang Cinta, Bangsa, dan Dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s