Pers Modern, Berpihak namun Independen

Jurnalis harus netral dan tak berpihak? Mana mungkin itu terjadi. Pers harus berpihak! Berpihak pada orang-orang lemah, berpihak pada kepentingan rakyat, berpihak pada orang-orang yang dizalimi, dan berpihak pada kebenaran. Bagaimana bisa pers  netral? Proses menentukan angle, memilih narasumber, mengambil kutipan, dan menuliskan lead semuanya adalah pilihan subjektif para penulis dan editornya.

Lantas, kalau tak ada lagi pers yang netral, pada siapa pembaca harus percaya? Bagaimana pembaca bisa menentukan pers yang ini berpihak pada kebenaran, pers yang itu condong pada kebatilan? Dan pertanyaan yang paling penting adalah bagaimana pers  bisa menentukan sebuah kebenaran? Bukankah kebenaran itu bukan monopoli satu pihak. Kebenaran juga –anehnya–punya banyak versi?

Pers bukanlah pengadilan yang bisa memutuskan ihwal ini benar, ihwal itu salah. Produk hukum punya akhir, produk pers tanpa akhir. Produk pers adalah pencarian kebenaran tanpa henti. Karena itu, kebenaran versi pers adalah hasil pengumpulan data dan fakta yang panjang, perdebatan yang sengit  di ruang-ruang diskusi, dan obrolan di warung-warung bobrok yang berjalan dalam suasana kebebasan intelektual.

Para jurnalis sesungguhnya makhluk yang berada dalam pengasingan. Dia terkucil dalam kotak kaca. Orang luar hanya bisa melihat dan mendengar perdebatan mereka, tapi tak bisa menjulurkan tangannya untuk ikut campur. Sehingga, pada ujungnya, kebenaran yang dihasilkan pers  adalah kebenaran yang  lahir  dari prinsip-prinsip dasar jurnalistik. Kebenaran yang dituliskan   dengan tangan yang bebas dari belenggu penguasa atau pun pemilik modal. Itu baru namanya independen. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s