Menghitung Biaya Atap Baja Ringan

Bertahun-tahun silam, rangka atap dari baja ringan belum begitu populer. Namun, seiring naiknya harga kayu dan pertimbangan ketahanan terhadap serangan rayap, sekarang makin banyak hunian yang menggunakan atap baja ringan. Alasannya, baja ringan lebih murah dan awet. Ada lagi alasan yang lebih “dalam”, yakni mempertimbangkan faktor kelestarian alam.  Di pinggir-pinggir jalan juga sudah banyak bertebaran toko-toko yang menawarkan jasa pemasangan rangka atap baja ringan.

Rangka Atap Baja Ringan.

Rangka Atap Baja Ringan.

Mau gak mau, karena promosinya begitu gencar, saya terpengaruh juga dengan popularitas rangka atap baja ini. Apalagi, di bawah tanah saya berdiri “kerajaan rayap” yang sudah menginvasi kusen-kusen pintu. Tapi, sewaktu hendak memulai renovasi rumah bulan lalu,  saya mendadak ragu, apa iya, baja lebih murah dari pada kayu. Persoalan lain, tidak semua tukang bisa merangkai baja ringan.

Saya juga dengar dari tetangga saya yang pemborong rumah, biaya jasa pemasangan atap baja ringan  Rp 120 ribu per meter.  Berarti, misalkan saya ingin menambah ruangan seluas 60 meter persegi dengan luas atap kira-kira 100 meter persegi,    dibutuhkan biaya Rp 12 juta, belum termasuk genteng. Saya berpikir, “Dari mana murahnya?” Saya lalu berdiskusi dengan tukang langganan saya yang asli Pemalang dan memperoleh jawaban yang mengejutkan.

Dia dan the winning team-nya menyatakan sanggup mengerjakan sendiri rangka atap baja,  gak perlu perlu disubkontrakkan ke orang lain. Saya tinggal beli beli materialnya, nanti mereka yang memasang.  Saya sampai takjub. Karena sampai waktu  itu, saya masih yakin keterampilan memasang baja ringan hanya dimiliki segelintir orang. Ternyata tidak juga hehe…ya, alhamdulillah. Karena dengan begitu, saya bisa menghemat biaya jasa pemasangan.

Pekerjaan berikutnya adalah  menghitung kebutuhan baja dan biayanya. Setelah dioret-oret, inilah kebutuhan material rangka atap baja ringan berikut biayanya untuk bangunan seluas total 60 meter persegi. Oya, saran saya, sebaiknya berbelanja di toko khusus baja. Jangan membeli baja di material, karena beda harganya lumayan jauh, sekitar Rp 5.000-Rp 7.000 per batang.  Lah, ya pasti, karena material juga mengambil barangnya dari toko baja hehe….

1.Baja CNP 0.75 (tebal) x  6 (lebar)  –> 39 batang (Rp 70.000/batang)  –> Rp 2.730.000
2.Baja reng                                               –> 56 batang (Rp 37.000/batang) –> Rp 2.072.000
3.Paku baja besar                                   –> 2 dus (Rp 13.000/dus)                 –> Rp        26.000
4.Paku baja kecil                                    –> 2 dus (Rp 9.000/dus)                    –> Rp        18.000
5.Gunting baja                                     –> 1 unit                                                 –> Rp    100.000
6.Kunci besi 10 (pembengkok besi)  –> 1 unit                                                   –> Rp       15.000
 TOTAL –> Rp 4.961.000

Sebagai pembanding, perkiraan biaya untuk penggunaan rangka atap dari kayu adalah:

1.Balok 6x 12  –> 25 batang (Rp 110.000 per batang)  –> Rp 2.750.000
2.Kaso 4×6      –> 80 batang (Rp 40.000 per batang)   –> Rp 3.200.000
3.Reng 3×4     –> 90 batang (Rp 30.000 per batang)    –> Rp 2.700.000
TOTAL –> Rp 8.650.000

Agar lebih lengkap,  saya sertakan perhitungan biaya untuk besi plafon, boleh kan…
1.Besi hollow 40/40 6 X 4  –> 70 batang (Rp per batang) –> Rp 1.470.000
2.Besi holo 20/40 6 X 4      –> 22 batang (Rp per batang) –> Rp     374.000
TOTAL –> Rp 1.844.000

Selamat membangun rumah… (Baca juga: Menghitung Biaya Pembangunan Rumah).

Baja ringan yang telah dipotong. Dijual per batang dengan ukuran panjang 4 meter.

Baja ringan yang telah dipotong. Dijual per batang dengan ukuran panjang 4 meter.

 

Besi hollow untuk plafon. Panjang 4 meter per batang.

Besi hollow untuk plafon. Panjang 4 meter per batang.

 

Baja ringan untuk reng. Sama juga, 4 meter per batang.

Baja ringan untuk reng. Sama juga, 4 meter per batang.

 

57 thoughts on “Menghitung Biaya Atap Baja Ringan

  1. Menarik…🙂
    Tapi ongkos tukang nya berapa ya mas?
    Mau membandingkan..karena di kontraktor 120 rb sdh termasuk tenaga.. dan desain atap..

    terima kasih..

    • Kurang tahu, Mbak kalau di Cilacap. Mestinya sih ada, karena sebenarnya merancang konstruksi baja ringan tidak terlalu sulit. Hanya saja butuh tukang berpengalaman untuk eksekusinya.

  2. maaf mas, mau tanya, kalo untuk ukuran panjang 8meter x lebar 5 meter, kira2 estimasi biaya nya brp ya? harga untuk wilayah bandung lebih mahal tdk ya baja dan genteng metal nya?

  3. Lumayan murah juga ya…jauh bgt bedanya…kalau beli baja ringan gitu di toko baja diantar ga ya…trus ada foto jadi yang mas buat ga sb aku pingin liat..terima kasih atas infonya dan sangat bermanfaat sekali.

  4. Bang Efri, utk surabaya atau sidoarjo ada jaringan gak.
    Utk atapnya genteng lama bisa pake tho?
    Atau perlu ganti baru?
    Thanks infonya

  5. saya di pemalang juga, mas…. rencana mo bangun rumah ukuran 84m persegi, kira2 berapa biaya untuk baja ringan? trus
    toko baja di pemalang dimana ya?

  6. Pingback: Biaya Pembuatan Atap Rumah | Info Indonesia

  7. misi agan….ane rencana mo rehap rumah dgn luas 7 x 10 .kira2 brp rangka baja yang dibthkan serta biaya kira2nya…berhbg tmpt saya sama spti pnya agan tmpat pasarnya rayap.tlng ya gan saya tggu jawbnya.posisi di nganjuk jatim.tnx

    • Bg efri
      kalau ad borongan rangka baja ringan daerah medan & sekitar nya bisa hubungin saya y bg
      082168034401
      087868531903
      kami membeli barang rangka baja ringan langsung dr pbriknya dan kalau pakai jasa tukang baja ringa saya ada juga bg yg ber sertifikat. Gypsun pun saya ad cenel dr pbriknya juga bg.

  8. yth,mr.Efri ritonga,tolong tanya ,genteng yang dipakai untuk kerangka atap baja ringan spt rincian pemakaian diatas itu genteng keramik atau genteng metal ? boleh tau nggak baja ringan nya merk apa? kok harga di toko baja ringan jauh lebih mahal drpd yg tertera ditulisan artikel diatas? mohon dijawab,thank’s.

    • Maaf baru balas. Genteng yang saya pakai genteng keramik. Genteng metal atau genteng fiberglass juga bisa dipakai. Merek bajanya saya gak tahu. Saya belinya bukan di toko khusus baja ringan tapi toko baja umum. Lebih mahal mungkin karena platnya lebih tebal.

      • Ok,bro thank’s ya untuk jawaban kpd Michael,(Michael itu akun anakku)sorry ucapan makasihnya terlambat jg,baru hari ini lihat artikel nya,ee…rupanya dah dijawab senang amat rasanya.Jawaban untuk sis.Rina Hudayanti dibawah itu adalah nomor telp tukang yg pasang baja ringan dirumah bro Efri bukan? sekali lg thank”s.

  9. makasih mas untuk ilmunya
    wilayah madiun jawa timur bisa pesen ke saya om
    ud jati 28
    deni purwantoro
    081252424421
    085736535577

  10. Assalamualaikum..Maaf Saya juga minta nomer tlpnya juga .kbetulan saya juga pingin renove Atap rumah juga insya Alloh.
    TERIMAKSIH seblumnya.

  11. Saya jg ada rencana utk mengganti konstruksi atap dr kayu ke baja ringan, apa bs dibantu share utk tukang yg bs memasang atap baja ringan. Saya di Jakart barat. Terima kasih.
    Danny

  12. Bang Efri….waktu pasang rangka baja ringan, apakah plafon/gypsum yang telag terpasang sebelumnya ikut di ganti…?

    Karena saya ada rencana ganti rangka, namun saat ini rumah saya sudah terpasang gypsum. Apabila diganti, berarti harus ada alokasi tambahan dana untuk pemasangan kembali gypsum…

    Terimakasih sebelumnya….Sukses buat Bang Efri

Leave a Reply

