Bukan Habitat Bagi si Culas

Dua belas tahun bersama organisasi ini membuat saya kebal dengan isu yang datang dari berbagai arah. Begitu pula pastinya dengan teman-teman sejawat. Sehingga tak heran, isu panas di sebuah laman blog justru menjadi bahan tertawaan yang menyegarkan. Ada kebenaran di tulisan itu, tapi lebih banyak lagi ketidakbenaran dan niat tidak tulus yang menguar. Tak ada yang tahu motif si penulis. Bisa diraba, tapi tak bisa dipastikan. Tak baik pula menuding orang yang belum tentu berbuat.

Dua belas tahun bersama membuat saya yakin betul, organisasi ini bukanlah habitat yang sehat bagi si culas. Dia  bisa saja hidup di sini —karena kami bukanlah paguyuban para malaikat, namun saya percaya, menghirup udaranya akan membuat nafas si culas sesak. Budaya yang dilahirkan manusia-manusia yang berkarya di tempat ini menjadi racun bagi dia. Budaya itu adalah budaya yang membuat siapa saja di antara kami bisa menjadi pengadil etik  bagi  siapa saja. Tak peduli pada lapisan mana dia berada. Budaya yang membuat sang pendiri sekali pun bisa ‘diadili’ dalam majelis terbuka.

Bukan bermaksud membela membabi-buta, karena  bertahun-tahun saya alami sendiri, justru kami lah yang rentan berada dalam posisi tertekan oleh pihak luar. Apa lah daya kami untuk menekan, kalau modal kami hanya  kepercayaan publik. Tidak mungkin pula kami pertaruhkan itu hanya demi kepentingan sesaat,  karena sekali dia tercederai, apa lagi yang bisa menjadi pengisi periuk nasi kami?

Saya yakin, untuk menjadi kepercayaan publik, kami harus percaya terlebih dulu kepada teman. Ibarat mengemudi, kami bisa saja melintir ke kanan atau ke kiri. Tapi, di sisi kiri dan belakang selalu ada teman yang membantu meluruskan kemudi agar kami akhirnya tetap berjalan di garis lurus.  (Baca juga: Orasi Anies Baswedan dalam Acara 19 Tahun Pembredelan Tempo). ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s