Sec Form 4 dan iVolatility

Pelatihan outlook pasar modal yang diselenggaran sebuah badan usaha milik negara  siang ini menguak dua situs ‘rahasia’ yang   direkomendasikan oleh pembicara untuk menilai tren pasar modal. Situs pertama adalah http://www.secform4.com.  Situs ini memberikan informasi mengenai  posisi jual-beli investor pasar modal ternama Amerika Serikat.  Tinggal pilih, misalnya  Warren Buffet. Akan terlihat saham-saham yang dibeli atau dijual Buffet dalam periode tertentu.

Seperti apa polanya?  Benar, bapak-ibu, dalam masa downtrend,  Buffet justru banyak melakukan pembelian.  Sebaliknya dengan George Soros. Istiqomah di jalur trader, dalam masa downtrend  Soros menjual  koleksinya.  Jadi, kalau Anda mengidolakan Buffet, ikuti teknik investasinya.  Begitu pula kalau mengidolakan Soros, jangan ragu melepas simpanan Anda. Kesannya gampang, ya? Nyatanya tidak, karena ada mental blocking yang bisa menghapus semua logika.

Situs kedua adalah http://www.ivolatility.com. Situs ini, katanya,  menampilkan tingkat volatilitas bursa efek di seluruh dunia. Saya belum mengeksplorasi situs ini lebih dalam. Tapi, ada cara mudahnya, karena volatilitas pasar rupanya ada indeksnya juga. Caranya, cari di finance.yahoo.com, ketik di kolom symbol  ^vix. Setelah itu akan tampak indeks volatility di indeks tertentu. Tampilan standarnya adalah volatilitas S&P 500. Yang perlu diperhatikan bukan berapa nilainya, namun merah atau hijaunya. Kalau merah berarti volatilitas rendah, kalau hijau volatilitas tinggi. Begitu. Selamat berinvestasi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s