Bangkrut Setelah Ramadhan

Khutbah Lebaran di kampung kami  sebenarnya klise, namun tetap pantas untuk disimak karena masih dan akan selalu relevan.  Khatib mengingatkan para mujahid Ramadhan yang baru pulang dari perang melawan hawa nafsu itu akan sebuah hadits riwayat Muslim yang sangat populer.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah,  kata khatib,  Rasulullah  pernah bertanya kepada para sahabat. Pertanyaan Nabi: tahukah kalian,  siapa orang yang bangkrut itu?  Para sahabat  menyahut: orang yang bangkrut adalah orang yang tidak mempunyai uang dan harta.

Mendengar jawaban para sahabat yang sangat manusiawi itu  Rasul kemudian menerangkan bahwa orang yang benar-benar disebut bangkrut adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala salat, puasa,  dan zakatnya.

Namun, karena di masa hidupnya orang itu gemar mencela, memfitnah,  memukul, menumpahkan darah,  dan memakan harta orang lain, pada hari pembalasan orang yang datang dengan membawa banyak pahala ini harus membagikan kebaikannya kepada semua orang yang pernah dizalimi.

Sampai akhirnya, apabila kebaikannya sudah habis dibagi-bagikan sebelum dia melunasi segala dosanya  kepada orang lain, maka giliran kesalahan orang yang dizalimi di dunia itu yang dibebankan kepadanya, kemudian dia dilemparkan ke api neraka.   Itulah, menurut Nabi, orang yang pada hakikatnya bangkrut.

Sambil mengasuh si kecil yang terkantuk-kantuk di pangkuan, saya tercenung. Sehabis Ramadhan ini,  pantaskah kita merasa bangga dengan amal-ibadah selama ini,  sementara  kita masih saling memaki, memfitnah, bercakar-cakaran antara sesama makhluk Allah, bangga dengan kelimpahan harta hasil korupsi, dan tersenyum lobar menerima gratifikasi?

Tak bisakah kita menahan diri sejenak, setidaknya sampai tiba Ramadhan berikutnya? Telunjuk itu pun mengarah kepada saya.Selamat  Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah menerima ibadah saya dan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s