Orasi Anies Baswedan dalam Acara 19 Tahun Pembredelan Tempo

image

“Terjadi perkawinan tak suci, UNHOLY MARRIAGE, antara media massa – pemilik modal – dan politik. Kondisi ini terjadi di sangat banyak media. Seorang teman saya pernah menantang, coba sebut siapa orangnya yang tidak bisa dihargai dengan rupiah. Everybody has a price tag. Memang tak terhindarkan, tapi dengan jurnalisme patriotik bisa dihadang. Setidaknya, media terus berusaha. Media tentu butuh modal, tapi keteguhan yang dimiliki jurnalis bisa menempatkan kepentingan pemilik modal pada tataran bawah.”

“Media massa masa depan bukan hanya menyajikan fact, kenyataan, tapi juga menyajikan ALTERNATIF KENYATAAN. Bukan hanya mengajukan AGENDA,  tapi juga PRIORITAS untuk menghasilkan PERUBAHAN. Dalam survei, Obama hanya meraih popularitas 2 persen, sedangkan Hillary 100 persen. Semua orang kenal Hillary. Tapi, media memberikan ruang yang sama kepada Obama untuk menyajikan kenyataan alternatif, sehingga muncul banyak tokoh-tokoh alternatif baru. Bukan cuma media, partai politik di sana juga memberikan ruang bagi munculnya sosok alternatif. Media massa punya kemewahan untuk mendorong beberapa, tidak hanya satu, tokoh alternatif.”

Tempo harus terus berupaya menjaga alasan kehadirannya di negeri ini, yakni “UNTUK PUBLIK, UNTUK REPUBLIK.” Media, tidak hanya Tempo, juga harus terus menjaga kebaruan gagasan. Kalau dia menawarkan sesuatu yang baru, maka dia MUDA, tak peduli berapapun umurnya. Sebaliknya, kalau dia tidak menawarkan sesuatu yang baru, maka dia TUA, berapapun umurnya.”

Anies Baswedan, Rektor Universitas Paramadina, dalam orasi di acara peringatan 19 tahun (21 Juni 1994-21 Juni 2013) pembredelan Majalah Tempo, Kebayoran Center, 24 Juni 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s