Mandiri Run 2013: At The Finish Line

Start Mandiri Run 2013 (Sumber: mandirirun.com)

Start Mandiri Run 2013 (Sumber: mandirirun.com)

Alhamdulillah, Mandiri Run 2013 kemarin berjalan lancar. Kerja panitia lancar, saya  sebagai peserta pun berlari dengan lancar. Perlombaan yang menyatu dalam acara besar Mandiri Karnaval Nusantara ini dimulai tepat waktu. Pukul 6.30, Ketua PB PASI Bob Hasan melepas 653 peserta kategori 10K. 10 menit kemudian,  Dirut Bank Mandiri Budi  Gunadi melepas 1.047 peserta 5K.

Rute untuk 10K adalah start dari Senayan City, berputar di Plaza Senayan, belok kiri  menuju Sudirman, terus melewati kolong Jembatan Semanggi, putar balik di Dukuh Atas,  dan kembali ke garis finish di samping STC. Start di titik yang sama, rute 5K adalah  menuju Sudirman, naik ke Jembatan Semanggi, dan finish di STC.

Awalnya saya ragu apakah bisa lari sesuai target waktu latihan. Soalnya, malam sebelumnya harus piket di kantor. Tapi, syukurlah, seperti biasa, kaki cuma terasa  berat di kilometer 1, setelah itu, semua berjalan normal…alias larinya makin lambat…hahaha.

Hebatnya, beda dengan sesi latihan yang pake acara berhenti ambil nafas, pas lomba, full selama 5 kilometer tidak pake berhenti. Lari terus. Meski pelan-pelan, yang  penting tidak ada istirahat. (Iya dong, takut ada kamera dijepret lagi jalan, kan, sungguh tidak cool). Bahkan, tanjakan di Jembatan Semanggi pun diterabas dengan lari. Air minum? Kagak diambil. Bukan apa-apa, takutnya kalau sudah berhenti tidak sanggup
lari lagi.

Membanggakan melihat ternyata banyak manusia Jakarta dan sekitarnya yang doyan lari.  Mulai dari anak-anak sampai aki-aki. Laki, perempuan,  semuanya… yang penting lari. Gayanya macem-macem. Ada yang sudah disediakan kaos Mandiri, masih  aja pake kaos bawaannya sendiri. Mungkin larinya bisa jadi lebih  kenceng. Ada yang  pake topi, padahal matahari belum juga keliatan. Malah, ada yang bawa ransel sambil
lari. Gak repot tuh?

Ya, sudahlah, namanya juga gaya masing-masing. Yang penting happy. Soal lari,  lain-lain pula tekniknya. Entah belajar di mana, ada peserta yang doyannya lari  kencang, terus jalan. Sprint lagi, jalan lagi. Terakhir, sprint…terus berhenti. Kecapean.

Begitulah, setelah berjuang keras, sampailah saya di garis finish dengan kondisi  masih bernyawa. Berapa catatan waktunya? Itu dia masalahnya. Pengukuran GPS/Endomondo berbeda signifikan dengan pengukuran panitia. Dari start hingga finish menurut Mbak Endo cuma berjarak 4,8 kilometer. Perbedaan itu mulai saya
sadari waktu di kilometer 1. Penanda kilometer dari panitia menunjukkan kilometer 1,  tapi Mbak Endo belum juga teriak, “One kilometer in…minute. Lap time…”

Runner couple

Pasangan pelari.

The finish line.

The finish line.

Tambahan lagi, di garis finish, si Samsung yang imut ini mendadak hang dan harus di-restart. Jadinya, catatan waktu yang valid cuma sampai di kilometer 4:

Km  Time
1. 6:24
2. 6:23
3. 6:46
4. 6:46

Kalau dirata-ratain, sekitar  6 menit 35 detik per kilometer. Kilometer kelima mungkin lebih cepat, karena larinya digeber beberapa ratus meter menjelang finish. Panitia sebenarnya  punya layar timer. Tapi, sayangnya, layar timer  ditaruh di sisi dalam, bukan di sisi  luar garis finish. Sehingga peserta tidak bisa melihat langsung catatan waktunya.

Satu lagi, panitia sebenarnya punya chip timing yang diikatkan di sepatu. Gunanya untuk menghitung waktu start dan finish.  Cuma, sampai hari ini belum diumumkan  hasil pencatatan waktunya. Mungkin nanti.
Oke, satu race selesai. Sekarang waktunya bersiap untuk race berikutnya. Kali ini  tidak 5K lagi, tapi 10K. Mudah-mudahan tercapai.

***
Yeaaah…akhirnya panitia Mandiri Run melansir catatan waktu para atlet. 31 menit 32 detik utk 5 km, di posisi 110… tidak terlalu buruk.
cat wak man run

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s