5 Manfaat Olahraga di Luar Ruangan

Ilustrasi olahraga di luar ruangan.

Ilustrasi olahraga di luar ruangan.

Ada tulisan menarik di Tempo.co. Bukan bermaksud membenturkan faham outdoor dan indoor, tapi cuma untuk memberi persepsi yang berbeda. Karena, mau outdoor, kek, indoor, kek…yang penting olahraga. Ya, kan…  Seperti kata kaum pesepeda, yang penting bukan (harga) sepedanya, tapi sepedaannya.

——————————————————————————————————–

5 Manfaat Olahraga di Luar Ruangan

Kesibukan membuat masyarakat modern cenderung melupakan olahraga. Kalau pun ada yang sempat berolahraga, sebagian orang memilih  berolahraga di dalam ruangan dengan alasan menghemat waktu.  Padahal, olahraga di luar ruangan memiliki segudang manfaat, seperti dikutip dari Women’s Health berikut ini:

1. Anda Akan Berolahraga Lebih Lama 
Kenapa bisa begitu? Saat Anda memutuskan meninggalkan majalah, televisi, dan laptop Anda demi berolahraga di luar, Anda akan terkejut begitu menyadari betapa waktu berjalan begitu cepat.  Olahraga di luar ruangan membuat Anda tidak menyadari begitu cepat waktu berjalan karena Anda begitu menikmatinya.

“Mengubah rutinitas, melihat wajah-wajah baru, dan menikmati pemandangan alam akan membantu Anda memerangi kebosanan,” begitu petuah Robert Gotlin, Direktur Pusat Rehabilitasi Ortopedi dan Olahraga di New York.

2. Semakin Banyak Kalori yang Terbakar
Stacy Berman,  pemilik dan pelatih di Pusat Pelatihan Stacy’s Bootcamp mengungkapkan, “Berbagai medan di luar ruangan mungkin lebih tahu kebutuhan tubuh Anda dengan memberikan tantangan berupa tempat bergerak yang lebih kompleks dan bervariasi dibanding peralatan fitness di pusat kebugaran.”  Tantangan yang disediakan alam  dapat membakar kalori sekitar 5-7 persen lebih banyak dibandingkan dengan berlari di atas treadmill.

3. Menghindari Kuman 
Sebuah studi mengungkapkan bahwa pusat kebugaran merupakan tempat berkembang biak yang baik bagi kuman dan bakteri. MRSA (Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus)  adalah salah satu bakteri yang paling berbahaya yang dapat ditemukan di pusat kebugaran.

Bakteri ini dapat menyebabkan demam, ruam, luka, dan nyeri dada. Anda memang dapat menghindari jasad renik ini dengan selalu mencuci tangan sehabis berlatih, mengganti kaus kaki setiap hari, menyeka peralatan sebelum dan sesudah menggunakannya, serta selalu menggunakan sandal saat ke kamar mandi. Meski  demikian, bergerak di luar ruangan tetap jauh lebih menyehatkan.

4. Anda Bebas ke mana Saja
Berolahraga di luar ruangan tidak terbatas di tempat tertentu. Anda bebas mau ke mana saja, selama yang Anda mau, sejauh yang Anda inginkan. Tidak ada keterikatan waktu dan tidak ada kelas-kelas khusus. Berolahraga di luar ruangan menjadi milik Anda sepenuhnya.

5. Hemat dan Bahagia
Di samping manfaat-manfaat di atas, olahraga di luar ruangan juga memberikan manfaat lain. Anda menjadi lebih hemat tentunya, karena tidak seperti berolahraga di pusat kebugaran yang berbayar, olahraga di luar ruangan gratis sepenuhnya. Dengan begitu, Anda menjadi lebih sehat, bugar, dapat berpikir jernih sehingga Anda jauh lebih bahagia.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s