Dividen ANTM

antam

Di sebuah forum saham, beberapa orang mengeluhkan soal dividen ANTM yang ‘cuma’ Rp 47 per lembar atau  15% dari laba 2012. Ada juga yang menuding informasi itu sudah bocor ke bandar besar sebelum RUPS, sehingga harganya jatuh terus. Sebenarnya belum tentu juga begitu, karena sejak awal April, saya saja yang bukan bandar, sudah bisa menebak dividen ANTM gak bakal jauh-jauh dari Rp 40-50 per lembar.

Nebaknya gampang…dihitung dari riwayat dividen ANTM tahun-tahun sebelumnya yang sekitar 40-45 persen laba bersih. Kalau tidak ada sesuatu yang istimewa, persentase dividen tahun ini pun bisa ditebak sekitar itu. Berarti, kalau dividen tahun 2012 sekitar Rp 90,9 per lembar (45% laba), maka dividen tahun 2013 paling sekitar Rp 50 (laba ANTM 2012 anjlok 44,2%).

Persoalannya yang bikin keder memang, ada dua ‘versi’ laporan keuangan ANTM. Satu versi ‘asli’, laba bersih 2012 turun 44,2% jadi Rp 1,07 triliun. Versi ‘polesan’, laba ANTM justru naik 55,3% jadi Rp 2,99 triliun. Jangan pakai laba ‘jebakan’ itu, karena kenaikan laba itu disebabkan oleh keuntungan dari penyesuaian nilai wajar investasi di PT Nusa Halmahera Minerals–alias tidak ada uang riil yang masuk. Cuma di pembukuan saja.

Walau begitu…rasio dividen/harga saham di atas 3% mah..sudah mantap. Tidak banyak saham yang bisa kasih rasio setinggi itu lho. Lagian, kinerja ANTM Q1 2013 cukup keren. Laba bersih QI 2013  Rp 462 miliar atau meningkat 22%  dari laba bersih pada periode yang sama 2012  sebesar Rp 379 miliar. Mau dibungkus?? Ntar, dulu…pelototin lagi laporan keuangannya benar-benar, siapa tahu ada jebakan lain :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s