Berapa Lama Umur Pakai Ban Mobil?

Berapa lama  umur pakai ban mobil? Jawabannya tergantung. Tergantung kondisi jalan, apakah mulus, berlubang-lubang, aspal hotmix atau beton. Tergantung pula teknik mengemudi apakah alon-alon, ngebut, sering ngepot atau tidak. Tergantung pula perawatan, apakah rajin melakukan rotasi  antara ban depan dan belakang, rajin spooring and balancing,  atau getol merawat kaki-kaki atau tidak.

Buat saya, yang malas melakukan perawatan ini *apalagi merotasi ban, umur pakai ban mobil hanya 2 tahun 8 bulan, terhitung sejak pembelian sampai diganti dua hari lalu. Ambil rata-rata sehari 50 kilometer *antar-jemput ke sekolah, pulang-pergi kantor, ke luar kota, berarti sekitar 48.000 kilometer. Sedikit di bawah rekomendasi beberapa situs web yang menyebutkan standar pakai ban mobil sekitar 50.000 kilometer.

wpid-2013-11-28-12.21.56.jpg

Gambar di atas adalah gambar kondisi ban sebelum penggantian. Ban merek Gajah Tunggal, Champiro. Tapak ban sudah aus. Bahkan, tapak bagian dalam terkikis hebat sampai keluar benangnya. Ini gara-gara masalah pada kaki-kaki yang terlambat ditangani. (Baca: Soluna Ajrut-ajrutan, Saatnya ke Bengkel). Tapi, sekarang sudah tidak lagi, sudah sembuh.

wpid-2013-11-29-06.08.16.jpg

Nah, gambar ini gambar ban baru. Mereknya Gajah Tunggal Champiro, dengan spesifikasi 175/65  R14. Angka 175 = lebar tapak ban dalam milimeter, 65 = tebal ban diukur dari tepi pelek, R = radial, dan 14 = jenis pelek 14 inchi. Harganya paling top *paling murah maksudnya, hanya Rp 420 ribu sebiji. Dibanding merek lain seperti Bridgestone, Dunlop, atau Falken bisa 2-3 kali lipat harganya. Hebatnya GJTL *kode saham Gajah Tunggal, harganya tidak berubah sejak 3 tahun lalu.  Begitu dong, ciri-ciri perusahaan yang pintar mengelola efisiensi produksi.  Itu pengalaman saya. Ambil yang baik-baik,  buang yang kurang baik. Semoga bermanfaat. Amin. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s