Menakar Geliat Saham GMTD

logo GMTD

Beberapa hari ini ada satu saham yang sepertinya sedang cari-cari perhatian, sehingga  terpaksa menjadi pusat perhatian. Sampai ada yang nekat mempromosikannya di forum para investor. Gak tanggung-tanggung, target price Rp 13.000, dari harga asal Rp 660. Wow, banget! Kalau melihat pergerakan harganya dalam hitungan hari ini saja sih,  memang bisa tercapai target tak masuk akal itu, tapi, sebelum ikutan kejebur, kita lihat dulu dong jeroannya, jangan asal comot hehe… Aturan ini berlaku untuk semua  emiten, gak cuma kelompok Lippo ini saja lho.

Kita perhatikan, lepas dari ‘kerangkeng’ suspensi BEI, harga saham PT Gowa Makassar  Tourism Development (GMTD) memang kayak orang kesurupan. Kembali diperdagangkan pada  24 April 2013 setelah disuspensi sejak 18 Februari 2011, harga saham perusahaan  pengembang ini melonjak dari awalnya Rp 660 menjadi Rp 7.050 per lembar atau naik 968  %, cuy… GMTD seolah ‘tak kapok’, karena suspensi yang dilakukan BEI 2 tahun silam  itu pun dipicu oleh kenaikan tak wajar saham kelompok Lippo itu sebesar 220 % dalam  tempo sepekan.

Tapi, sayangnya, peningkatan harga saham GMTD tidak diikuti dengan fundamental pasar  yang baik. Pada perdagangan Jumat pekan lalu misalnya, lonjakan harga GMTD dari Rp  5.900 ke Rp 7.050 harga disertai dengan volume penjualan 500 lembar alias 1 lot.  Hari-hari perdagangan sebelumnya tidak jauh beda, paling tinggi volume transaksi GMTD  hanya 5.000 lembar atau 10 lot. Bahkan, pernah 0 lembar.

Historical Price GMTD. Dicuplik dari Yahoo Finance.

Historical Price GMTD. Dicuplik dari Yahoo Finance.

Tidak masuk akal kalau ada saham yang sudah memberi gain begitu tinggi dalam waktu  singkat, tidak ada yang profit taking. Pertanda apa ini? Kemungkinan jawabannya cuma  satu, pemegang sahamnya itu-itu saja. Menurut analis, jumlah pemegang saham publiknya cuma 20 pihak. Lah, gimana orang mau jual-beli, barangnya gak  ada di pasar? Mestinya, kalau sudah begini–sudah disuspensi 2 tahun pun tak jera, BEI harus memaksa emiten melakukan stock split atau aksi korporasi lainnya.  Okelah, itu urusan BEI. Kita ikut saja. Saya sih lebih tertarik untuk menguliti siapa  GMTD ini. Siapa tahu ada juga yang kepincut :)

**

Perusahaan-perusahaan terkait GMTD.

Perusahaan-perusahaan terkait GMTD.

Profil :
Didirikan pada tanggal 14 Mei 1991. Bergerak di bidang investasi dan pengembangan kota mandiri Tanjung Bunga,  di Makassar, Sulawesi Selatan, yang pembangunan fisiknya telah dimulai sejak tahun 1997.
Pendapatan Perseroan diperoleh terutama dari penjualan rumah dan kavling hunian, penjualan lahan siap bangun untuk komersial, dan pendapatan dari fasilitas komersial dan rekreasi yang dibangun.  Bank land 1.000 hektare.

Pemegang saham:
PT Makassar Permata Sulawesi : 32,5 %
Kabupaten Gowa : 6,5 %
Kota Makassar : 6,5 %
Propinsi Sulawesi Selatan : 13 %
Yayasan Partisipasi Pembangunan Sulsel : 6,5 %
Masyarakat di bawah 5 % : 35 %

Jumlah saham disetor :     101.538.000 lembar
Kinerja Q1/2013:
Laba  Rp 25,58 miliar, naik 35 % dari Q1/2012  sebesar Rp 19,01 miliar.
Laba per saham Rp 251.
Pendapatan Rp 70,24 miliar, naik 15,1 % dari Q1/2012 sebesar Rp 61,01 miliar.
Aset bertambah Rp 31,16 miliar menjadi Rp 931,8 miliar dari posisi 31 Desember 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s